RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN
Plaosan
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tema : Aku Cinta
al-Qur’an
Subtema : Lafal Huruf Hijaiyah dan Harakatnya
Kelas/Semester :
I / I
A.
Materi Pokok
Huruf Hijaiyyah dan Harakatnya
B.
AlokasiWaktu
1x4Jam Pelajaran
C.
TujuanPembelajaran
Melalui
metode drill (latihan) peserta didik dapat:
1. Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
2. Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah berharakat dengan benar
D. Kompetensi Dasar
4.1
Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan
harakatnya secara lengkap
E. Indikator PencapaianKompetensi
4.1.1 Mendemonstrasikan pelafalan huruf-huruf hijaiyah dengan benar
4.1.2
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah
berharakat dengan benar
F.
MateriPembelajaran
1.
Huruf-hurufhijaiyyah
Sin
|
zai
|
ra
|
Żal
|
dal
|
kha
|
¥a
|
jim
|
£a
|
ta
|
Ba
|
alif
|
Mim
|
lam
|
kaf
|
Qaf
|
Fa
|
gain
|
àin
|
§a
|
¯a
|
«ad
|
șad
|
syin
|
ya
|
hamzah
|
ha
|
wau
|
nun
|
2.
Huruf-huruf
hijaiyah berharakat
Harakat (Arab: حركات, harakaat) atautasykil adalah tandabaca
yang ditempatkan pada huruf Arab untuk memperjelas dalam pengucapan
huruf tersebut.
Harakatdipakai untuk mempermudah cara membacahuruf Arab bagi
orang awam, pemula atau pelajar dan biasanya dituliskan pada buku-buku pendidikan,
buku anak anak,kitab suci alQuran,walaupun dalam penulisan
sehari harit idak menggunakan harakat, karena pada umumnya orang Arab sudah paham
dan mengerti akantulisan yang mereka baca,namunka dang jugadigunakan sebagai penekanan
dari suatu kata terutama pada kata-kata yang kurang umum digunakan untuk menghindari
kesalahaan pembacaan..
Macamharakat
a. Fathah
Adalah harakat yang berbentuk layaknya garis
horizontal kecil yang berada di atas suatu
huruf Arab yang melambangkan fonem /a/. Secara harfiah, fathah itu sendiri berarti
membuka, layaknya membuka mulut saat mengucapkan fonem /a/.Ketika suatu huruf diberiharakat
fathah, maka huruf tersebut akan berbunyi /-a/, contohnya huruf lam (ل)
diberiharakat fathah menjadi /la/ (لَ).
b. Kasrah
Adalahh arakat yang berbentuk layaknya garis
horizontal kecil, yang diletakkan di
bawah suatu huruf arab, harakat kasrah melambangkan fonem /i/. Secara harfiah,
kasrah bermakna melanggar.Ketika suatu huruf diberiharakat kasrah, maka huruf tersebut
akan berbunyi /-i/, contohnya huruf lam (ل)
diberiharakat kasrah menjadi /li/ (لِِِ).
c. Damah
Adalah harakat yang berbentuk layaknya hurufwau
(و) yang diletakkan di atas suatu huruf arab( ُ),
harakat damah melambangkan fonem /u/. Ketika suatu huruf diberiharakat damah,
maka huruf tersebut akan berbunyi /-u/, contohnya huruf lam (ل)
diberiharakat dammah enjadi /lu/ (لُ).
G.
MetodePembelajaran
Metode:
1.
Tanya Jawab
2.
Drill (latihan)
Model :
Direct Instruction(model pengajaranlangsung)
dipadukandengan
model make a match (membuat/mencaripasangan),
H.
Media Pembelajaran
Poster tulisan
Kartu bertuliskan huruf hijaiyah
Multimedia Interaktif/CD Interaktif
/Video
I.
SumberBelajar
1.
Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
2.
Buku Belajar Huruf Hijaiyyah
J.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’abersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’ansurahpendek pilihan
dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang
ditentukan sebelumnya);
c. Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran;
d. Mengajukan pertanyaan secara komunikatifberkaitan dengan materi huruf
hijaiyah dan harakatnya;
e. Menyampaikan kompetensi inti, dan kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mendemonstrasikan
pelafalan huruf hijaiyahdan harakatnya dengan benar;
f. Menyampaikan cakupan huruf hijaiyah dan harakatnya;
g. Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mencermati, menirukan, mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyahdan harakatnya secara berulang-ulang dengan benar.
h. Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan
di papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar
dan mudah dilihat/dibacaataugambar), jika
memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
Hal inidilakukan untuk mengkonkretkan antara
apa yang diucapkan dan bentuk tulisannya
|
20 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
· Guru mencoba
secara acak menunjuk satuatau dua peserta didik untuk melafalkan beberapa
huruf hijaiyah dengan memperlihatkan guntingan kertas
yang sudah dibuat (media by desain). Peserta didik lainnya melihat dan menyimak pelafalan huruf hijaiyyah yang dilakukan oleh model yang ditunjuk. Selanjutnya guru
memberikan penguatan.
·
Peserta
didik secara individual maupun klasikal diminta untuk melihat dan mencermati gambar
di atas karton atau tayangan gambar tempat keluarnya huruf hijaiyyah sebagai berikut:
·
Berdasarkan
gambar atau tayangan gambar, guru mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah per huruf secara berulang,peserta didik mencermati baik secara
individual ataupun klasikal.
b.
Menanya
·
Guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mempersiapkan pertanyaan
yang berkaitan dengan jumlah huruf hijaiyyah, cara pelafalan dan tempat keluarnya
lafal huruf hijaiyyah berdasarkan gambar atau tayangan gambar dan contoh pelafalan
yang diberikan oleh guru atau model
·
Setiap kelompok mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan kepada kelompok lain.Kelompok lain menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadanya.
·
Guru memberikan penguatan
dengan menjelaskan jumlah huruf hijaiyyah, cara pelafalannya dan tempat keluarnya lafal huruf hijaiyyah berdarkan gambar atau tayangan gambar.
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
MelafalkanHurufHijaiyyah
·
Guru mendemonstrasikan
pelafalan huruf hijaiyah per huruf secara berurutan dan berulang. Peserta didik secara individual maupun klasikal menirukannya. Padawaktu itu juga guru langsung membimbing dan membetulkan pelafalan yang kurang tepat, baik secara individual maupun klasikalsehinggaselesai.
·
Secaraacak guru menunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah.
·
Guru memberikan penguatan pelafalan huruf hijaiyah secara lengkap.
· Dengan
menggunakan model make a match, guru
membagikan kertas—yang bertuliskan huruf hijaiyah dengan bunyi bacaannya
dicampur secara acak—kepada peserta didik, kemudian secara berkelompok atau
berpasangan peserta didik saling mencari pasangan masing-masing huruf dengan terlebih dahulu melafalkan huruf yang akan dicaripasangannya.
Melafalkan huruf hijaiyahberharakat
·
Guru mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan harakat fathah, mulai dari huruf alif sampai ya, diikuti oleh seluruh peserta didik secara berulang(lakukan 2-3 kali).
·
Pelafalan dilakukan secara berulang-ulang sehingga peserta didik benar-benar mampu melafalkannya dengan benar
·
Selanjutnya,
mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan harakat kasrah, dan damah, mulai
dari huruf alif sampai ya, diikuti oleh seluruh peserta didik (lakukan 2-3
kali)
·
Secaraacak guru menunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah berharakat
·
Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa pasangan maupun kelompok. Setiap peserta didik dalam pasangan maupun kelompok secara bergantian mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat secara bergantian dan yang lain memberikan penguatan.
·
Guru menunjuk perwakilan dari setiap pasangan maupun kelompok untuk mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat, sementara pasangan atau kelompok lain mencermati dan memberikan penguatan.
·
Guru memberikan penguatan
dengan kembali mendemonstrasikan pelafan huruf hijaiyyah berharakat dan
diikuti oleh peserta didik secara klasikal.
d.
Asosiasi
·
Secara
individual maupun kelompok, peserta didik mengelompokkan pelafalan huruf hijaiyah dan
harakatnya
·
Selanjutnya, pesertadidik baik secara individu maupun kelompok mengidentifikasi huruf hijaiyah dan harakatnya dari tingkat yang paling
mudah dan sukar.
e.
Komunikasi.
·
Peserta didik menyampaikan
hasil diskusi tentang pelafalan huruf
hijaiyah dan harakatnya baik secara
kelompok maupun individual.
·
Peserta
yang lain baiksecara individual maupunkelompok menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Pesertadidikmembuatkesimpulan dibantu dan
dibimbing guru
|
110
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya;
b.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan huruf hijaiyah
dan harakatnya;
c.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
K.
Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·
Mengisi
rubrik tentang melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya
Contoh:
Beritanda (V) di
kolom sudah atau belum
No.
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
1.
|
Aku biasamelafalkanhurufhijaiyyah
|
||
2.
|
Aku biasamelafalkanharakathurufhijaiyyah
|
||
3.
|
dst…..
|
Observasi
·
Mengamati
pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya
sesuai makharijul huruf
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang kegiatan dalam melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai
makharijul huruf
Tes
·
Tes
bentuk lisan melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya
Keterangan: (kegiatan pelaksanaan
model make a match)
No.
|
Nama
|
Aktifitas
|
Jml skor
|
Nilai
(MK,MB,MT,BT)
|
Ket.
|
||||||||||||||||
Kerja sama
|
Keaktifan
|
inisiatif
|
Penguasaan
materi
|
||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
Catatan:
1.
Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang
dinyatakan dalam indikator.
2.
Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten
yang dinyatakan dalam indikator.
3.
Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten
yang dinyatakan dalam indikator.
4.
Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator.
RentangSkor = SkorMaksimal-Skor Minimal
= 16 - 4
= 12
MK = 14 - 16
MB = 11- 13
MT = 8 - 10
BT = 4-7
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik
belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan
adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan
berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Rubrik Penilaianmelafalkan huruf
hijaiyah (termasuk huruf hijaiyah berharakat)
No.
|
Nama
|
Kriteria*
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
dst.
|
*Catatankriteria:
1.
Sangatlancar : Apabila
peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar.
2.
Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf
hijaiyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
3.
Sedang : Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar,
akan tetapi masih ada kesalahan kurangdari 5.
4.
Kuranglancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan kurang
lancar.
5.
Tidaklancar : Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan huruf hijaiyah
L.
SumberBelajar
2.
Buku Belajar Huruf Hijaiyyah
3.
Poster tulisan
4.
Kartu bertuliskan huruf hijaiyah
5.
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
Mengetahui,
KepalaSD.....
………………………
|
Purworejo, ......................................
Guru Mata Pelajaran PAI
………………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar