Senin, 11 Agustus 2014

RPP SD huruf hijaiyah




RPP ini ak dapet dari guru yang sedang melaksanakan PLPG UIN sunan kalijaga...smoga bs menjadi contoh dan bisa bermanfaat. amin ya rabb
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SDN Plaosan
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Tema                                   :    Aku Cinta al-Qur’an
Subtema                              :    Lafal Huruf Hijaiyah dan Harakatnya
Kelas/Semester                   :    I / I

A.      Materi Pokok                 
Huruf Hijaiyyah dan Harakatnya

B.       AlokasiWaktu    
1x4Jam Pelajaran

C.      TujuanPembelajaran    
Melalui metode drill (latihan) peserta didik dapat:         
1.      Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
2.      Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah berharakat dengan benar

D.      Kompetensi Dasar                     
4.1     Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya secara lengkap

E.       Indikator PencapaianKompetensi
4.1.1   Mendemonstrasikan pelafalan huruf-huruf hijaiyah dengan benar
4.1.2   Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah berharakat dengan benar


F.       MateriPembelajaran
    
1.    Huruf-hurufhijaiyyah

Sin
zai
ra
Żal
dal
kha
¥a
jim
£a
ta
Ba
alif

Mim
lam
kaf
Qaf
Fa
gain
àin
§a
¯a
«ad
șad
syin

ya
hamzah
ha
wau
nun



2.    Huruf-huruf hijaiyah berharakat
Harakat (Arab: حركات, harakaat) atautasykil adalah tandabaca yang ditempatkan pada huruf Arab untuk memperjelas dalam pengucapan huruf tersebut.
Harakatdipakai untuk mempermudah cara membacahuruf Arab bagi orang awam, pemula atau pelajar dan biasanya dituliskan pada buku-buku pendidikan, buku anak anak,kitab suci alQuran,walaupun dalam penulisan sehari harit idak menggunakan harakat, karena pada umumnya orang Arab sudah paham dan mengerti akantulisan yang mereka baca,namunka dang jugadigunakan sebagai penekanan dari suatu kata terutama pada kata-kata yang kurang umum digunakan untuk menghindari kesalahaan pembacaan..

Macamharakat

a.    Fathah

Fathah (فتحة) =
Adalah harakat yang berbentuk layaknya garis horizontal kecil  yang berada di atas suatu huruf Arab yang melambangkan fonem /a/. Secara harfiah, fathah itu sendiri berarti membuka, layaknya membuka mulut saat mengucapkan fonem /a/.Ketika suatu huruf diberiharakat fathah, maka huruf tersebut akan berbunyi /-a/, contohnya huruf lam (ل) diberiharakat fathah menjadi /la/ (لَ).

b.   Kasrah

Kasrah (كسرة) =
Adalahh arakat yang berbentuk layaknya garis horizontal kecil,  yang diletakkan di bawah suatu huruf arab, harakat kasrah melambangkan fonem /i/. Secara harfiah, kasrah bermakna melanggar.Ketika suatu huruf diberiharakat kasrah, maka huruf tersebut akan berbunyi /-i/, contohnya huruf lam (ل) diberiharakat kasrah menjadi /li/ (لِِِ).

c.    Damah

Damah (ضمة) =
Adalah harakat yang berbentuk layaknya hurufwau (و) yang diletakkan di atas suatu huruf arab( ُ), harakat damah melambangkan fonem /u/. Ketika suatu huruf diberiharakat damah, maka huruf tersebut akan berbunyi /-u/, contohnya huruf lam (ل) diberiharakat dammah enjadi /lu/ (لُ).

G.      MetodePembelajaran

Metode:
1.    Tanya Jawab
2.    Drill (latihan)

Model :
Direct  Instruction(model pengajaranlangsung)
dipadukandengan model make a match (membuat/mencaripasangan),

H.      Media Pembelajaran
Poster tulisan
Kartu bertuliskan huruf hijaiyah
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

I.         SumberBelajar
1.    Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
2.    Buku Belajar Huruf Hijaiyyah


J.        Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’ansurahpendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatifberkaitan dengan materi huruf hijaiyah dan harakatnya;
e.     Menyampaikan kompetensi inti, dan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyahdan harakatnya dengan benar;
f.      Menyampaikan cakupan huruf hijaiyah dan harakatnya;
g.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyahdan harakatnya secara berulang-ulang dengan benar.
h.     Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibacaataugambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
Hal inidilakukan untuk mengkonkretkan antara apa yang diucapkan dan bentuk tulisannya


20 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·      Guru mencoba secara acak menunjuk satuatau dua peserta didik untuk melafalkan beberapa huruf hijaiyah dengan memperlihatkan guntingan kertas yang sudah dibuat (media by desain). Peserta didik lainnya melihat dan menyimak pelafalan huruf hijaiyyah yang dilakukan oleh model yang ditunjuk. Selanjutnya guru memberikan penguatan.
·      Peserta didik secara individual maupun klasikal diminta untuk melihat dan mencermati gambar di atas karton atau tayangan gambar tempat keluarnya huruf hijaiyyah sebagai berikut:



·      Berdasarkan gambar atau tayangan gambar, guru mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah per huruf secara berulang,peserta didik mencermati baik secara individual ataupun klasikal.

b.    Menanya
·      Guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mempersiapkan pertanyaan yang berkaitan dengan jumlah huruf hijaiyyah, cara pelafalan dan tempat keluarnya lafal huruf hijaiyyah berdasarkan gambar atau tayangan gambar dan contoh pelafalan yang diberikan oleh guru atau model
·      Setiap kelompok mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan kepada kelompok lain.Kelompok lain menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadanya.
·      Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan jumlah huruf hijaiyyah, cara pelafalannya dan tempat keluarnya lafal huruf  hijaiyyah berdarkan gambar atau tayangan gambar.

c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi

MelafalkanHurufHijaiyyah

·      Guru mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah per huruf secara berurutan dan berulang. Peserta didik secara individual maupun klasikal menirukannya. Padawaktu itu juga guru langsung membimbing dan membetulkan pelafalan yang kurang tepat, baik secara individual maupun klasikalsehinggaselesai.
·      Secaraacak guru menunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah.
·      Guru memberikan penguatan pelafalan huruf hijaiyah secara lengkap.
·      Dengan menggunakan model make a match, guru membagikan kertas—yang bertuliskan huruf hijaiyah dengan bunyi bacaannya dicampur secara acak—kepada peserta didik, kemudian secara berkelompok atau berpasangan peserta didik saling mencari pasangan masing-masing huruf dengan terlebih dahulu melafalkan huruf yang akan dicaripasangannya.

Melafalkan huruf hijaiyahberharakat
·      Guru mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan harakat fathah, mulai dari huruf alif sampai ya, diikuti oleh seluruh peserta didik secara berulang(lakukan 2-3 kali).
·      Pelafalan dilakukan secara berulang-ulang sehingga peserta didik benar-benar mampu melafalkannya dengan benar
·      Selanjutnya, mendemonstrasikan pelafalan huruf  hijaiyah dengan harakat kasrah, dan damah, mulai dari huruf alif sampai ya, diikuti oleh seluruh peserta didik (lakukan 2-3 kali)
·      Secaraacak guru menunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah berharakat
·      Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa pasangan maupun kelompok. Setiap peserta didik dalam pasangan maupun kelompok secara bergantian mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat secara bergantian dan yang lain memberikan penguatan.
·      Guru menunjuk perwakilan dari setiap pasangan maupun kelompok untuk mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat, sementara pasangan atau kelompok lain mencermati dan memberikan penguatan.
·      Guru memberikan penguatan dengan kembali mendemonstrasikan pelafan huruf hijaiyyah berharakat dan diikuti oleh peserta didik secara klasikal.

d.    Asosiasi
·      Secara individual maupun kelompok, peserta didik mengelompokkan pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya
·      Selanjutnya, pesertadidik baik secara individu maupun kelompok mengidentifikasi huruf hijaiyah dan harakatnya dari tingkat yang paling mudah dan sukar.

e.    Komunikasi.
·      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi tentang  pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya  baik secara kelompok maupun individual.
·      Peserta yang lain baiksecara individual maupunkelompok menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Pesertadidikmembuatkesimpulan dibantu dan dibimbing guru

110 menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

10 menit

K.      Penilaian Hasil Belajar

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya
Contoh:
Beritanda (V) di kolom sudah atau belum
No.
Uraian
Sudah
Belum
1.
Aku biasamelafalkanhurufhijaiyyah


2.
Aku biasamelafalkanharakathurufhijaiyyah


3.
dst…..



Observasi
·      Mengamati pelafalan  huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai makharijul huruf

Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan dalam melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai makharijul huruf

Tes
·      Tes bentuk lisan melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya

Keterangan: (kegiatan pelaksanaan model make a match)

No.
Nama
Aktifitas
Jml skor
Nilai (MK,MB,MT,BT)
Ket.
Kerja sama
Keaktifan
inisiatif
Penguasaan materi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4















































Catatan:
1.    Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2.    Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3.    Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
4.    Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan  yang dinyatakan dalam indikator.

RentangSkor     =  SkorMaksimal-Skor Minimal
                          =  16 - 4
                          =  12
                                     
MK   =   14 - 16
MB   =   11-  13
MT    =   8 - 10
BT     =   4-7

Keterangan:           
BT     :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB   :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK   :    Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).


Rubrik Penilaianmelafalkan huruf hijaiyah (termasuk huruf hijaiyah berharakat)

No.
Nama
Kriteria*
1
2
3
4
5
1.






2.






3.






dst.







*Catatankriteria:
1.    Sangatlancar        :    Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar.
2.    Lancar                  :   Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
3.    Sedang                 :    Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurangdari 5.
4.    Kuranglancar       :    Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan kurang lancar.
5.    Tidaklancar          :    Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan huruf hijaiyah

L.       SumberBelajar
2.    Buku Belajar Huruf Hijaiyyah
3.    Poster tulisan
4.    Kartu bertuliskan huruf hijaiyah
5.    Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video




Mengetahui,
KepalaSD.....



………………………
Purworejo, ......................................

Guru Mata Pelajaran PAI



………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar